RACE Forum
Welcome to Forum Online RACE

Silahkan mendaftar untuk akses penuh Forum ini

Salam Hangat



 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
BannerFans.com http://www.facebookloginhut.com/facebook-login/
http://www.facebookloginhut.com/facebook-login/
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Top posters
cosmo
 
ekka RA09
 
Galuh RA09
 
kangkung
 
kuzzman
 
Drew
 
scmbgsuckfreedom
 
kahim'09
 
Admin
 
itsmectie
 
Latest topics


Share | 
 

 Tips Isi Aplikasi Pekerjaan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Galuh RA09
Admin
Admin
avatar

Jumlah posting : 136
Join date : 10.10.10

PostSubyek: Tips Isi Aplikasi Pekerjaan   Sat Oct 16, 2010 2:43 pm

SEBUAH aplikasi yang berkualitas dari Anda bisa menunjukkan dengan jelas perbedaan apakah Anda layak untuk sampai tahap wawancara atau tidak. Pastikan saat mengisi aplikasi pekerjaan, Anda menyajikan informasi mengenai diri Anda secara lengkap dan benar, karena aplikasi menjadi salah satu bagian penting dari perwakilan kepribadian Anda secara keseluruhan.

1. Baca petunjuk dengan hati-hati

Sebelum mengisi aplikasi, pastikan untuk membacanya lebih seksama. Jangan sampai ada kesalahan dalam pengisiannya. Form aplikasi pada dasarnya memiliki kesamaan, tetapi juga mungkin berbeda dalam bentuk dan isi tergantung kebutuhan perusahaan tertentu. Pengisian aplikasi yang benar adalah cermin kepribadian Anda yang dapat dipercaya dan mampu melakukan pekerjaan dengan benar.

2. Kerapian

Aplikasi pekerjaan yang terketik atau tertulis rapi, tanpa noda atau lipatan di sudut kertasnya adalah cermin kepribadian calon pekerja. Pastikan pengisian aplikasi pekerjaan Anda tertulis rapi dan dapat dibaca. Jika diketik, pilihlah jenis huruf yang sederhana namun bermakna tegas. Ingat, aplikasi yang benar harus diisi dengan tinta hitam, bukannya tinta biru atau merah.

3. Informasi lengkap dan akurat

Isi semua formulir aplikasi pekerjaan dengan data yang benar, lengkap dan detail, baik itu tanggal, nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon, referensi dan informasi lain yang dibutuhkan. Karena saat wawancara, Anda mungkin membutuhkannya sebagai lembar contekan.

4. Tulis riwayat pekerjaan dulu


Meski tanpa diminta, tuliskan riwayat pekerjaan Anda dulu, karena pertanyaan tentang perusahaan lama ini pasti akan muncul saat wawancara. Menuliskannya pada lembar aplikasi adalah penunjukkan diri Anda yang jujur dan profesional.

5. Jangan kosongkan formulir

Perekrut tak akan mungkin mengandalkan informasi data diri Anda hanya dari resume. Beberapa informasi yang diminta dalam aplikasi, seperti gaji sebelumnya, biasanya memang tidak muncul di resume, karenanya periksa sekali lagi, jangan sampai Anda terlewatkan mengisi setiap data penting dalam formulir pengisian aplikasi.

6. Bersikap jujur dan positif


Ini penting. Percuma saja memberikan informasi palsu tentang diri Anda karena ini tidak akan menjamin Anda bisa diterima bekerja. Bersikaplah jujur jika dalam pengisian aplikasi, Anda diminta mengisi "alasan meninggalkan pekerjaan sebelumnya". Jika Anda memang benar-benar dipecat dari perusahaan sebelumnya, cobalah untuk mengisikannya dengan kalimat yang jujur namun tidak terkesan negatif.

7. Tuliskan pengalaman kerja


Ini terkait pengalaman kerja Anda dulu di perusahaan lama. Jika pengalaman itu berupa kerja sukarela atau sekedar hobi, tetaplah sertakan dalam formulir pengisian aplikasi. Perekrut akan mengetahui keahlian dan minat Anda dan mengarahkannya di bidang yang Anda lamar.

8. Gaji yang pantas

Mengisi aplikasi pekerjaan kadang dibingungkan dengan penulisan jumlah gaji yang diinginkan. Jika perusahaan tertarik mempekerjakan Anda, lewat negosiasi tetapkan standar yang pas untuk diri Anda, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Caranya dengan mulai realistis menilai kemampuan diri. Inilah yang yang akan menjadi tolok ukur, seberapa pantas perusahaan yang Anda lamar akan memberikan gaji yang pantas.

9. Cantumkan referensi

Pastinya Anda akan dimintai mencantumkan daftar referensi pribadi atau profesional pada aplikasi pekerjaan. Isilah dengan data nama, alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Pilih referensi orang-orang yang sudah sangat tahu tentang pribadi dan prestasi Anda. Pastikan juga untuk meminta ijin sebelum mencantumkan nama mereka dalam daftar aplikasi Anda.

10. Menulis dengan hati-hati

Perekrut akan membaca semua jawaban pertanyaan pendek Anda yang diajukan dalam formulir aplikasi. Apa yang Anda tuliskan adalah cermin dari kepribadian Anda. Hal ini juga menunjukkan seberapa besar kemampuan Anda mengikuti pentunjuk, sikap profesional dan cara berpikir Anda.

11. Posisi yang dilamar

Tentukan posisi spesifik apa yang Anda pilih untuk dilamar. Karena menuliskan posisi pekerjaan yang tidak jelas ke dalam formulir aplikasi akan membuat perekrut bingung.

12. Koreksi kembali!

Tak seorangpun pernah sengaja membuat kesalahan. Karena itu penting untuk sekali lagi mengoreksi lembar aplikasi pekerjaan yang telah Anda isi. Perhatikan kembali penulisan tanda baca dan tata bahasa. Jika Anda mengisi aplikasi pada saat wawancara, pastikan Anda meninjau kembali pengisiannya untuk menghindari kesalahan data.

13. Tanda tangan, jangan lupa!

Percaya atau tidak beberapa orang kadang tergesa-gesa hingga lupa membubuhkan tanda tangab setelah mengisi aplikasi. Ini kesalahan fatal. Tidak peduli seberapa baik dan detail Anda sudah mengisi aplikasi, jika Anda lupa membubuhkan tanda tangan, maka jangan harap Anda akan lolos ke tahapan berikutnya. Aplikasi tanpa tanda tangan adalah penunjukan diri Anda yang ceroboh terhadap detail-detail penting.


Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
cosmo
Tukang Patroli
Tukang Patroli
avatar

Jumlah posting : 182
Join date : 20.10.10
Age : 26
Lokasi : ciwaruga

PostSubyek: Re: Tips Isi Aplikasi Pekerjaan   Mon Nov 01, 2010 5:21 pm

emotionrace PertamaxJuga 1yram0 emokaskusmenujutkpsm
502x7b 502x7b 502x7b 502x7b
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
ekka RA09
Admin
Admin
avatar

Jumlah posting : 173
Join date : 14.10.10
Lokasi : bandung-indonesia

PostSubyek: Re: Tips Isi Aplikasi Pekerjaan   Tue Nov 02, 2010 8:48 pm

mantep coy......

Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://ekkaprasetia.tumblr.com
yuriagus
Maba
Maba


Jumlah posting : 1
Join date : 12.01.13

PostSubyek: Re: Tips Isi Aplikasi Pekerjaan   Sat Jan 12, 2013 9:58 pm

mantap
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Tips Isi Aplikasi Pekerjaan   

Kembali Ke Atas Go down
 
Tips Isi Aplikasi Pekerjaan
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
RACE Forum :: Pilih room di bawah :: Job :: Tips & Trik-
Navigasi: